Tuesday, March 20, 2018

Mereka Tak Sekadar Kupu kupu

Plain Tiger

Blue Pansy, Common Jay, Great Eggfly, Plain Tiger, Common Sailor, Bamboo Tree Brown, Tailed Jay, Lemon Emigrant, Purple Sapphire, Painted Lady, Pea Blue... Familiar ga sama nama-nama tersebut?

Well... mereka adalah nama-nama populer dari berbagai jenis kupu-kupu. Yups, semuanya dalam bahasa Inggris, padahal semua kupu-kupu yang di atas bisa kita temui di sini di Indonesia.

Ada penamaan yang dalam bahasa Indonesia ga sih? Setiap kita melihat kupu-kupu mau itu warna kuning, putih, biru, hijau, hitam maupun merah, hanya satu kata yang terucap, yaaaa kupu-kupu aja.

Hei lihat ada kupu-kupu!

Untuk keperluan ilmiah sudah pasti setiap jenis kupu-kupu ada nama latinnya, yang semuanya sulit diucapkan dan diingat. Lucu juga kan pada saat kita melihat kupu-kupu kita mengucapkan,

Hei lihat ada Hypolimnas bolina!

Hahahaaa repot ya.

Great Eggfly (Hypolimnas bolina)

Sebenarnya penamaan dalam bahasa Indonesia juga ada loh, namun untuk keseharian sudah sangat jarang digunakan. Cukup kupu-kupu saja. Setelah googling sana sini saya menemukan beberapa nama populer kupu-kupu dalam bahasa Indonesia, seperti Kupu-kupu Sayap Renda, Kupu-kupu Raja, Kupu-kupu Sayap Burung, Kupu-kupu Burung Hantu, Kupu-kupu Daun Mati, dan yang lainnya.

Kupu-kupu Sayap Renda (Plain Lacewing)

Kupu-kupu Sayang Burung (Common Birdwing)

Oya tahukah kamu, kalau orang-orang di luar negeri sana, dalam kesehariannya mereka menyebut nama kupu-kupu secara langsung, tidak perlu menyertakan embel-embel 'butterfly' lagi, seperti Blue Pansy 'saja'. Painted Lady 'saja', Monarch 'saja',

Blue Pansy

Painted Lady

Harapannya sih kita bisa mengenal lebih banyak jenis kupu-kupu yang kenyataannya memang sangat beragam, minimal kenal dengan nama mereka dan tidak menyebut mereka dengan kupu-kupu saja karena mereka tak sekadar kupu-kupu.

Tailed Jay
Next artikel saya akan share beragam kupu-kupu yang pernah saya jumpai dan saya potret di seputaran Bandung dan Lembang. Stay tuned..

All photos taken by me. Feel free to enjoy my pictures on my instagram @ritacrochetgirl .

No comments:

Post a Comment